Sodorkan Ulama, LAKPESDAM: Tokoh NU Harus Maju

0
M. Roziqin, Ketua Lakpesdam NU Kalteng

Danum.id, Palangka Raya – Kontestasi Pemilu Gubernur (Pilgub) 2020 Kalimantan Tengah (Kalteng) sudah menyita perhatian publik. Diprediksi, banyak kontestan meramaikan pentas lima tahunan ini dibanding Pilgub 2016 yang lalu.

Memerhatikan perebutan kader pemimpin di kontestasi tingkat Provinsi Kalteng, Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (LAKPESDAM) Kalteng mendorong tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Kalteng untuk maju.

“Siapapun calon gubernurnya, NU harus mendampingi, tokoh NU harus berikhtiar untuk itu karena stok kader ulama dan umaro di NU banyak dan layak,” ungkap Ketua PW Lakpesdam NU Kalteng, Roziqin, M.AP, Kamis (5/9/2019).

Ia berharap, paling tidak kader atau tokoh NU tidak hanya berpartisipasi, berperan, apalagi menonton. Tetapi pantas berperan aktif. Banyak Nahdliyin yang tersebar di daerah-daerah, pasti akan mendukung supaya dakwah NU bergerak lebih optimal lagi melalui jalan kuasa kebijakan.

“Kalau mampu cara dakwah dengan membuat kebaikan atau amal ma’ruf bilyadi (dengan tangan/ kekuasaan) ya kenapa tidak. Bahkan cakupannya lebih luas,” ujarnya.

Disinggung terkait kader yang didorong maju mendampingi menjadi Wakil Gubernur, ia menyebut banyak kader yang potensial. Dari kalangan muda maupun yang sudah berumur atau sepuh.

Bahkan ia mengilustrasikan kepemimpinan nasional yang dipegang oleh figur muda yang diharapkan gesit bergerak, dan figur tua yang diharapkan memberi wejangan yang adem atau mendinginkan.

“Di tingkat nasional kan terpilih perpaduan pemimpin muda berpasangan dengan ulama. Kalau di Kalteng begitu, ya kenapa tidak? Lalu di NU kita apakah gak punya? Banyak kok, dari yang tua sampai yang muda ada,” beber lulusan Magister Administrasi Publik Universitas Lambung Mangkurat ini.

“Kaderisasi kepemimpinan di NU sudah berjalan. Beberapa kader NU yg berlatar manajer, direktur, termasuk Kyai yang memiliki leadership cukup mumpuni,” tutupnya.

Sementara itu, sudah beredar nama-nama yang santer disebut publik akan maju, atau berpeluang untuk dicalonkan di kancah Pilgub 2020. Antara lain Abdul Razak, Nadalsyah, Petahana Sugianto Sabran, Habib Said Ismail, Willy M Yoseph,  juga sejumlah tokoh NU yang berpeluang menjadi calon Gubernur atau Wakil Gubernur  antara lain Ujang Iskandar, Edy Pratowo, KH Anwar Isa, Wahyudie F Dirun, dan Abd Wahid Aha. (Mrz)