Sekda Kalteng Saksikan Penandatanganan MoU ITSNU Kalimantan dan Perguruan Tinggi NU se-Indonesia

0

Danum.id, Jawa Timur – Penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antar lembaga Perguruan Tinggi dibawah Nahdlatul Ulama dilangsungkan di Sidoarjo, Kamis (11/1/2023). Agenda itu sekaligus acara penutup ‘Simposium Tatakelola Kelembagaan dan Integrasi sistem LPT-PBNU’.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Drs. H. Nuryakin, M.Si yang juga Ketua Badan Penyelenggara Pendidikan (BPP) Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Kalimantan, menyaksikan langsung penandatanganan tersebut.

Tidak kurang dari 29 Perguruan Tinggi baik berbentuk Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) maupun Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) dari belasan provinsi, turut hadir dalam penandatanganan secara bersama tersebut.

Wakil dari ITSNU Kalimantan, dihadiri Ketua BPP ITSNU Drs. H. Nuryakin, M.Si dan Rektor ITSNU Kalimantan diwakili Wakil Rektor III Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan M. Roziqin, S.Si, M.A.P, C.Med.

“Kita apresiasi langkah penandatanganan secara bersama-sama MoU ini, dan selanjutnya nanti berlanjut ke yang lebih teknis dalam bentuk Perjanjian Kerjasama atau MoA. Semoga Tatakelola Kelembagaan dan Integrasi Sistem yang dilakukan membuahkan hasil maksimal,” terang Nuryakin, usai acara di Ballroom Fave Hotel Sidoarjo, Kamis.

Ia barharap ITSNU Kalimantan semakin berkembang, dan selalu bersinergi dengsn oemerintah daerah serta kolabirasi dengan kampus-kampus lain di Provinsi ini, dalam kerangka membangun iklim pengembangan keilmuan, pengetahuan dan teknologi, mendukung naiknya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kalteng, meningkatkan rerata lama sekolah, demi memaksimalkan ‘Kalteng Tetap Berkah’.

Selain acara Simposium Tatakelola Kelembagaan dan Integrasi sistem yang dilakukan LPT-PBNU, yang disaksikan para Rektor dan atau Wakil Rektor dari 29 perguruan tinggi NU se Nusantara, serta disaksikan Ketua BPP masing-masing, juga dilangsungkan Ground Breaking pembangunan Tower II Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (UNUSIDA), Sidoarjo, Jawa Timur.

Ground Breaking Tower II di Kampus B UNUSIDA tersebut diresmikan Bupati Sidoarjo Ahmad Mudlor,¬† dihadiri Ketua dan Sekretaris Lembaga Perguruan Tinggi (LPT) PBNU, Prof Ainun Na’im dan Dr. Faishal, serta Ketua PBNU bidang Pendidikan, Prof Mukri, para Rektor dan Ketua BPP UNU dan ITSNU se-Indonesia, juga Ketua PCNU Sidoarjo, Ketua PC Muslimat NU sidoarjo, serta seluruh MWC NU dan PAC Muslimat berikut badan otonomnya.

Sekjen LPT PBNU Dr. rer. Faishal Aminudin berfoto bersama dengan Ketua BPP ITSNU dan WR III ITSNU Kalimantan usai penandatanganan MoU di Sidoarjo, Jawa Timur.

Terkait UNUSIDA, Nuryakin juga mengapresiasi perkembangan kampus yang berada di daerah penyangga untuk Ibukota Jawa Timur tersebut, lantaran sudah otomatisasi manajemen pengelolaan kampus, dengan¬† memanfaatkan kendali teknologi informasi atau penerapan smart campus. Rektornya, menyabet penghargaan “Person of The Year” Radar Sidoarjo.

Serta dalam ajang Anugerah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kategori Pengabdian Kepada Masyarakat (Bima Award) Sub Kategori Institusi Klaster Madya/Pratama, dengan Skor Pengabdian Kepada Masyarakat Tertinggi periode 2020-2022. (Mrz/red)