Sejumlah Parpol Telah Persiapkan Antisipasi Kecurangan Pemilu

0
Ergan Tunjung, Anggota Komisi B DPRD Kalteng Ergan Tanjung (net)

Danum.id, Palangka Raya – Potensi kecurangan saat pemungutan suara pada pemilihan umum (Pemilu) 2019 diduga masih rawan terjadi. Oleh karenanya, bukan hanya penyelenggara, sejumlah partai politik (Parpol) juga telah bersiap mengantisipasi hal tersebut.

Legislator DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Ergan Tunjung mengatakan, ia mendapat informasi bahwa 16 parpol yang terdaftar di pemilu 2019 telah menyiapkan saksi di semua Tempat Pemungutan Suara (TPS). Menurutnya, keberadaan saksi tersebut dapat mengantisipasi adanya kecurangan pada pemilu mendatang.

“Mencegah kecurangan pemilu memang bukan hanya tugas penyelenggara, tapi juga parpol dan semua pihak,” Kata Ergan, Kamis (21/3/2019).

Ketua Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) PKPI Kalteng ini juga menilai, potensi kecurangan lebih besar terjadi di daerah pelosok. Pasalnya, selain sulit dijangkau, di beberapa daerah pelosok jaringan telekomunikasi pun sangat terbatas.

“Daerah pelosok lebih rawan, tapi kami yakin untuk kawasan semacam itu juga terawasi. Disamping adanya saksi dari parpol, peranan aparat keamanan juga penting, dalam mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkas Ergan.

Anggota Komisi B DPRD Kalteng itu menyarankan, komunikasi antara penyelenggara pemilu, aparat keamanan, dan saksi ataupun unsur dari Parpol harus lebih ditingkatkan. Dengan begitu, berbagai potensi kecurangan bisa dicegah sedari awal. (Nrs/red)