Pemprov Percepat Penyusunan Laporan Keuangan 2019

0

Danum.id,  Palangka Raya – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) berupaya mempercepat penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019.

Pemprov meminta seluruh Perangkat Daerah (OPD) juga harus mempercepat penyusunan laporan keuangannya supaya sejalan dengan keinginan pimpinan tersebut.

“Ini dilakukan berdasarkan hasil rapat asistensi penyusunan LKPD Tahun Anggaran 2019,” kata Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kalteng, Nuryakin, Senin (28/1/2020).

Menurut dia, LKPD 2019 harus sudah selesai dan disampaikan kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalteng pada 2 Maret 2020 mendatang.

Terkait percepatan penyusunan LKPD 2019 itu, setiap PD diminta sejumlah hal, seperti bendahara pengeluaran, penerimaan dan pengurus barang segera menyelesaikan rekonsiliasi keuangan dan aset.

Hal ini agar data itu siap digunakan sebagai data dasar penyusunan catatan atas laporan keuangan, agar nantinya laporan keuangan PD sudah siap untuk dikonsolidasikan menjadi LKPD, bersamaan review oleh Inspektorat.

Selanjutnya Tim BPK RI akan melakukan pemeriksaan interim dan dilanjutkan finalisasi review laporan keuangan oleh Inspektorat yang ditargetkan selambatnya pada 19 Februari 2020.

Hal itu sengaja dilakukan agar BKAD Kalteng memiliki waktu untuk melakukan finalisasi LKPD Kalteng 2019 sebelum disampaikan kepada BPK RI.

Mengingat laporan keuangan PD merupakan dasar penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah, maka ia minta hal tersebut menjadi perhatian dari seluruh pimpinan PD.

“Semua itu telah disampaikan kepada masing-masing SOPD melalui surat yang telah disetujui oleh Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri,” bebernya.

Hal tersebut menjadi salah satu prioritas, mengingat apabila PD terlambat menyampaikan laporan keuangannya, maka akan berdampak pada LKPD Kalteng 2019.

“Pada setiap surat yang ditujukan kepada OPD itu wajib dilampirkan matrik rencana aksi penyelesaian penyusunan laporan keuangan PD dan LKPD Kalteng TA 2019,” pungkasnya. (Ant/Fhr/red)