Tingkatkan Ketangguhan Pemerintah, BNPB Bentuk Forum PRB di Kalteng

0

Danum.id, Palangka Raya –  Guna meningkatkan ketangguhan pemerintah, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan inisiasi membentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Direktur Pemberdayaan Masyarakat BNPB Lilik Kurniawan menyebut penyelenggaraan penanggulangan bencana saat ini memasuki dua tahun terakhir pada periode 2015-2019 yang ditujukan untuk mengurangi risiko bencana.

“Dan meningkatkan ketangguhan pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat termasuk lembaga usaha dalam menghadapi bencana,” tandas Lilik, saat berlangsung diskusi pembentukan FPRB di Hotel Neo, Kamis (23/8/2018).

Secara khusus, lanjut Lilik, sasaran pembangunan bidang penanggulangan bencana adalah ‘Menurunnya indeks risiko bencana pada pusat-pusat pertumbuhan yang berisiko tinggi’.

Ia menekankan, kontibusi dan komitmen dalam penanggulangan bencana serta mengemban misi kemanusiaan adalah bagian dalam rangka mewujudkan perikehidupan bangsa Indonesia yang merdeka bersatu dan berdaulat, makmur dan berkeadilan.

“Semua ini hanya akan dapat dicapai dengan komitmen, kemauan, keterlibatan, dan kesadaran multi pihak. Tidak hanya pemerintah tapi semua komponen masyarakat di dalamnya. Sehingga FPRB sebagai mitra pemerintah daam penanggulangan bencana mutlak diperlukan,” tutupnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalteng, Darliansjah menuturkan, dalam pertemuan tersebut belum sampai pada pembentukan FPRB secara keseluruhan.

“Ini masih dalam tahap fasilitasi rencana pembentukan (FPRB) tersebut,” singkatnya. (red)