Tim Pemadam Kebakaran di Kalteng dan Kalsel Adu Ketangkasan, Siapa yang Menang?

0

Danum.id, Kuala Kapuas – Sebanyak 128 tim Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) dari  Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kalimantan Selatan (Kalsel) mengikuti lomba adu ketangkasan pemadam kebakaran, siapakah yang jadi pemenangnya.

Acara lomba adu ketangkasan pemadaman kebakaran diadakan di Kuala Kapuas, dan dilaksanakan selama satu hari. Juaranya akan mendapatkan uang pembinaan, piagam dan piala dari Panitia Pelaksana Paman Siwah Cup 2020.

“Saya mengajak kita semua selalu junjung tinggi sportivitas dan jadikan ajang lomba ketangkasan Pemadam Kebakaran (Damkar) ini, untuk terus menjalin silaturahmi antarsesama anggota Damkar dari berbagai wilayah,” kata Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Andreas Nuah, Minggu (26/1/2020).

Pemerintah daerah (Pemda) sangat mengapresiasi pelaksanaan lomba ketangkasan Damkar bertajuk ‘Paman Siwah Cup 2020’ ini. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan, kekompakan dan kerja sama.

Andreas Nuah berharap kegiatan ini mampu mengasah keterampilan setiap tim pemadam kebakaran dalam menghadapi bencana, khususnya kebakaran lahan dan permukiman. Ini sangat penting sebagai modal bagi mereka menjalankan tugas.

Bagi peserta maupun tim yang belum mendapatkan juara diharapkan tidak berkecil hati. Kegiatan ini diharapkan menjadi pemicu semangat untuk tahun yang akan datang, sehingga lebih baik lagi dan dapat menjadi juara.

“Sekali lagi saya berharap kepada seluruh peserta agar tetap selalu menjunjung tinggi sportivitas serta jadikan kegiatan ini, sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi sesama anggota pemadam kebakaran dari berbagai pihak,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Perkumpulan Damkar Mandiri Kabupaten Kapuas, Kunanto berharap, lomba ketangkasan seperti ini dapat diadakan setiap tahun dengan peserta yang akan datang tidak hanya dari wilayah Kalteng maupun dari Kalsel, tetapi juga dari daerah lain.

“Saya harapkan, agar setiap peserta dapat menjadikan lomba ini sebagai ajang silaturahim sekaligus untuk meningkatkan profesionalisme dan kerja sama antara anggota barisan pemadam kebakaran lainnya,” kata Kunanto. (Ant/Fhr/red)