Pemuda Katolik Peduli Kanker Leher Rahim, Ini Yang Dilakukan

0
Seminar Kanker Serviks Digagas Pemuda Katolik Palangka Raya

Danum.id, Palangka Raya – Kanker Leher Rahim merupakan satu dari beberapa jenis penyakit kanker, yang menyerang bagian leher rahim (seviks) wanita. Jenis kanker ini termasuk yang cukup umum terjadi. Untuk mengurangi risiko mengalaminya, sangat penting untuk mengetahui hal apa saja yang bisa menjadi penyebab munculnya penyakit ini.

Kanker serviks tidak bisa disepelekan. Pasalnya, kanker serviks menempati urutan ke-4 sebagai salah satu penyakit kanker yang paling sering terjadi pada wanita, menurut data dari Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).

Hal inilah yang mendorong Pemuda Katolik Kota Palangka Raya menggelar seminar bertujuan untuk berbagi pengetahuan bagaimana menyikapi, mencegah dan menanggulanginya.

Karena meskipun belum diketahui apa penyebab pasti kanker serviks, ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko kanker ini. Faktor utamanya adalah kelompok virus yang disebut HPV (human papilloma virus) yang menginfeksi leher rahim. Tetapi pada sebagian wanita, infeksi HPV memicu perubahan abnormal pada sel di rahim.

“Kami turut peduli dengan kesehatan masyarakat sehingga menginisiasi seminar kesehatan ini, tentunya kami tegaskan sekali lagi untuk meningkatkan pemahaman sejak dini bahayanya,” terang Sekretaris Komcab Pemuda Katolik Kota Palangka Raya, Moses AP, Jumat (18/10/2019).

Peserta yang ditargetkan hadir, lanjutnya, adalah kalangan perempuan dari usia sekolah dan Mahasiswi. Mulai dari siswi sekolah SMAN/SMKN dan sederajat lainnya se-Kota Palangka Raya juga intansi pemerintah dan pihak swasta lainnya, dari kaum perempuan.

Moses mengatakan, kegiatan ini menjadi rangkaian Musyawarah Komisariat Cabang (Muskomcab) Pemuda Katolik Kota Palangka Raya II 2019.  Seminar kesehatan bertema ‘Deteksi Dini Terhadap Bahaya Kanker Serviks dan Pencegahannya’ ini berlangsung di Fusions Cafe & Resto jalan Antang, Jumat sore.

Ketua Panitia Muskomcab II Pemuda Katolik Kota Palangka Raya, Fansianus Jebatur menambahkan, Seminar kesehatan ini berkat kerjasama antara pihaknya dengan Ikatan Keluarga dan Istri Anggota DPRD Kota Palangka Raya dan juga Rumah Sakit. Awal Bross Betang Pambelum Palangka Raya. (Mrz/red)