Hasil Reses, Petani Minta Dibangunkan Irigasi

0
Politisi Nasdem DPRD Kalteng, Lodewik C Iban

Danum.id, Palangka Raya – DPRD Kalteng meminta kepada pemerintah membangunkan irigasi untuk para petani. Tuntutan ini merupakan buah dari reses yang dilakukan wakil rakyat tersebut ketika ‘turun dapil’ saat libur masa sidang.

“Dalam hal ini khususnya pemerintah Kabupaten/Kota. Ini banyak para petani yang mengeluh terutama saat musim kemarau pertanian mereka kurang maksimal karena tidak ada irigasi. Bupati atau walikota agar jadi perhatian,” tukas Anggota Komisi B DPRD Kalteng, Lodewik C Iban, Jumat (11/1/2019).

Ia mengatakan, selama beberapa kali melaksanakan kunjungan kerja maupun reses, pihaknya banyak menerima aspirasi dari masyarakat petani terkait pentingnya dukungan dari pemerintah untuk membangun infrastruktur pertanian di sejumlah wilayah di Kalimantan Tengah.

“Dinas terkait agar mencari solusi dan memberikan bantuan terkait keluhan petani. Sebab yang namanya pertanian ini adalah sektor penting, bertujuan memenuhi kebutuhan pangan di Provinsi ini,” katanya.

Ketika memasuki kemarau panjang, tidak sedikit pertanian di daerah kabupaten/kota terancam gagal panen. Hal ini dikarenakan keringnya lahan pertanian, mengakibatkan lahan yang digunakan bercocok berangsur tidak subur.

Tidak hanya petani padi sawah dan ladang, tetapi petani buah juga terancam gagal apabila kemarau berkepanjangan terjadi. Ini lantaran keringnya lahan yang digunakan. Wakil Rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) V, meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau ini berharap ada solusi yang menggembirakan.

Ia juga menyarankan, agar terkait di pemerintahan bisa membantu pupuk buat para petani, melancarkan saluran irigasi untuk pemenuhan air, agar sedikitnya mengatasi permasalahan kekeringan lahan.

“Kasihan jika terancam gagal panen. Terkait kondisi sulititu, menjadi wajar apabila petani berteriak dan pemerintah setempat harus tanggap,” pungkas Politisi dari Partai NasDem ini. (Mrz/red)