Selasa, 12 November 2019 - 03:46
Beranda Kabar Daerah Gubernur Janjikan Segera Lantik Kepala Dinas Hasil Lelang Jabatan

Gubernur Janjikan Segera Lantik Kepala Dinas Hasil Lelang Jabatan

0
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran
Danum.id, Palangka Raya – Lelang jabatan untuk jabatan pimpinan tinggi pratama atau eselon II sudah selesai. Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran pun membenarkan telah menerima tiga nama calon tiap dinas/badan hasil lelang jabatan tersebut. Dalam waktu dekan, ia janjikan untuk segera dilantik.
Sugianto juga menyebut, apabila tidak ada aral melintang, dalam pekan ini juga akanĀ dilaksanakan pelantikan di Istana Isen Mulang, Rumah Jabatan Gubernur Kalteng.

“Sebenarnya tiga nama sudah ada, tetapi masih mencari waktu yang tepat. Kalau memang jadi dan tidak ada halangan, dalam minggu ini akan dilakukan pelantikan,” kata Sugianto usai mengikuti rapat paripurna di DPRD Kalteng, Palangka Raya, Rabu (14/11/2018).

Selain mencari waktu yang tepat, Sugianto beralasan pelantikan para calon Kepala Dinas/Badan di lingkungan Pemerintah Provinsi itu, juga menunggu Sekretaris Daerah (Sekda) definitif. Namun untuk sebab Sekda definitif ini, sudah dilangusngkan pelantikan pekan lalu.

Dengan demikian, ungkapan dirinya segera melantik kepala dinas/badan hasil lelang jabatan pada pekan ini bukan isapan jempol. Apalagi kata Sugianto, Pelantikan eselon II nantinya juga sebagai upaya melantik sekaligus Dinas-dinas yang belum ada Kepala Dinas definitifnya.
Ingin DLH ‘dipegang’ perempuan
Gubernur masyarakat Tambun Bungai ini juga menyinggung terkait kosongnya jabatan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalteng. Dinas ini tidak ada Kepala Dinas definitifnya karena pejabat lama, Fahrizal Fitri sudah definitif sebagai Sekda Kalteng.
Karena ada kekosongan maka otomatis harus menunjuk pejabat pelaksana tugas di DLH yang ditinggalkan Fahrizal. Terkait hal ini, Gubernur ingin DLH dikepalai seorang wanita.
“Kalau untuk DLH, saya ingin Kepala Dinasnya dari kalangan perempuan. Menurut saya perempuan itu lebih teliti. Apalagi DLH itu kan berkaitan dengan pencemaran lingkungan. Jadi memang lebih tepat perempuan,” kata Sugianto.

Adapun jabatan tinggi pratama ayang dilelang pemprov Kalteng yakni, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan).

Kemudian Kepala Biro Hukum, Kepala Biro Umum, Sekretaris Dewan DPRD Kalteng, Asisten Adminstrasi Umum, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doris Silvanus, Wakil Direktur Bidang Pendidikan RSUD Doris Silvanus, dan Wakil Direktur Bidang Keuangan di RSUD Doris Sylvanus. (ant/red)