Wakil Rakyat Berharap Fasilitas dan Pelayanan Sasmat bisa Meningkat

0

Danum.id, Palangka Raya – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) meminta fasilitas dan pelayanan di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kalteng bisa ditingkatkan.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi A DPRD Kalteng M Fahruddin usai pihaknya melakukan kunjungan kerja ke Samsat Pulon Progo. Menurutnya, fasilitas dan pelayanan di Samsat Pulon Progo patut dicontoh.

“Fasilitas di sana sangat memadai sehingga masyarakat yang ingin bayar pajak merasa betah. Ini hanya sebagai perbandingan saja agar pelayanan pajak di Kalteng menjadi lebih baik,” ungkapnya, Jumat (31/5/2019).

Ia menuturkan, Samsat Pulon Progo memiliki 7 sistem layanan, yakni Samsat Online, Samsat Desa, kemudian layanan E – Posting, Samsat Sourching dan Pelayanan Publik.

Dari 7 layanan tersebut, 3 di antaranya menjadi pelayanan unggulan, yakni Samsat Online, Samsat Desa Layanan E – Posti.

“Dengan Samsat Desa, pihak Samsat menyiapkan petugas di Desa-Desa agar masyarakat pelosok bisa dengan mudah melakukan pembayaran pajak,” lanjutnya.

Sedangkan Layanan E – Posti, pelayanan tersebut bisa dilakukan melalui mesin ATM Bank Pembangunan Daerah (BPD) dan bisa langsung disahkan.

“Selain itu, pelayanan seperti pembayaran pajak STNK, Samsat Pulon Progo cukup efisien. Karena, untuk pembayaran pajak maupun pengesahan STNK hanya memerlukan waktu 10 menit saja,” pungkasnya. (Rmt/red)