Pimpinan Definitif DPRD Kalteng Dilantik 7 Oktober

0
Anggota Komisi C DPRD Kalteng Duwel Rawing (net)

Danum.id, Palangka Raya – Pimpinan sementara DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) bakal mengakhiri tugasnya pekan depan. Pimpinan Definitif dijadwalkan dilantik pada 7 Oktober 2019.

Ketua Sementara DPRD Kalteng, Duwel Rawing memastikan hal ini. Ia menyatakan pelantikan pimpinan definitif Lembaga Legislatif periode 2019-2024, sesuai surat keputusan (SK) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang telah diterima sekretariat DPRD.

“Jadwal pelantikan pimpinan definitif itu berdasarkan SK Mendagri yang telah diterima Sekretaris DPRD Kalteng di Jakarta,” jelas dia, Rabu (2/10/2019).

Setelah adanya SK dari Kemendagri itu, lanjut Duwel, pihak Sekretariat DPRD Kalteng menindaklanjuti dengan menggelar rapat penyusunan jadwal oleh tim tata tertib (Tatib) DPRD yang sudah dibahas sebelumnya.

“Penetapan unsur pimpinan definitif DPRD Kalteng harus segera dilaksanakan. Sebab, Ketua Sementara mempunyai keterbatasan” tendasnya.

Keterbatasan itu misalnya kewenangan dalam melaksanakan berbagai agenda penting termasuk pengesahan Tatib serta pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kalteng tahun anggaran 2020.

Ia mengakui, pelantikan pimpinan definitif DPRD Kalteng sedikit terlambat, karena harus menunggu SK Kemendagri. Namun kendala itu kini sudah bisa teratasi.

Sementara itu, unsur pimpinan DPRD Kalteng yang akan dilantik adalah Wiyatno sebagai Ketua DPRD (PDIP), Abdul Razak sebagi Wakil Ketua I (Partai Golkar), Jimmy Carter sebagai Wakil Ketua II (Partai Demokrat), dan Faridawaty Darland Atjeh sebagai Wakil Ketua III (Partai Nasdem).

“Pada Kamis lusa kami akan menyelenggarakan rapat tim penyusunan jadwal lanjutan DPRD Kalteng, termasuk rapat paripurna istimewa pelantikan dan pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD Kalteng,” pungkas mantan Bupati Katingan ini. (Mrz/red).