Pemerintah Target Entaskan 4.000 RTLH di Kalteng

0

Danum.id, Palangka Raya – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), target bisa mengentaskan 4.000 rumah tidak layak huni (RTLH) di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kalteng Leonard S Ampun yakin, program BSPS di Kalteng sesuai target.

“Untuk bidang perumahan, melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yakni program BSPS, akan menyasar sebanyak empat ribu hunian RTLH,” unkap Leonard S Ampun, Jumat (1/2/2020).

Leo menjelaskan, program BSPS dari Kementerian PUPR RI sangat menyentuh kebutuhan dasar masyarakat, yakni dengan besaran bantuan terhadap satu rumah senilai Rp15 juta untuk kebutuhan material dan Rp2,5 juta untuk upah pekerja yang disalurkan langsung ke rekening penerima.

Program BSPS yang Kalteng rencananya menyasar seluruh kabupaten, terkecuali ibu kota provinsi Kota Palangka Raya. Ada sejumlah kriteria yang menjadi perhatian dari pemerintah pusat, utamanya memfokuskan pada daerah dengan jumlah RTLH terbanyak.

“Kami terus berupaya, bersama pemerintah pusat maupun kabupaten dan kota, mengentaskan RTLH yang masih ada di Kalteng. Hanya saja semua tentu dilakukan secara bertahap,” katanya.

Ia menegaskan pemilihan masyarakat yang menerima program BSPS sangatlah selektif. Hal itu dilakukan bersama pemerintah kabupaten, agar penerima program memenuhi sejumlah kriteria, di antaranya berpenghasilan rendah, belum pernah mendapat bantuan sejenis, serta memiliki legalitas lahan atau tanah. (Ant/Fhr/red)