Anjungan Kalteng di TMII Butuh Perlengkapan Teknologi

0

Danum.id, Palangka Raya – Anggota Komisi III DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Sri Neni Trianawati menyarankan pihak eksekutif bersama-sama membenahi serta meningkatkan prasaran Anjungan Kalteng yang berada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Kebersamaan itu sangat penting agar pembenahan dan peningkatan fasilitasi Anjungan Kalteng yang berada di TMII dapat lebih dipercepat dan hasilnya optimal.

“Keberadaan Anjungan Kalteng itu bertujuan mempromosikan semua yang ada di Kalteng, baik kota maupun kabupaten. Jadi, wajar kalau bersama-sama melakukan pembenahan,” ujar Sri Neni, Rabu (27/11/2019).

Anggota Fraksi Golkar DPRD Kalteng itu juga mengusulkan agar Anjungan Kalteng mulai menerapkan teknologi komputerisasi. Dengan begitu, upaya memperkenalkan dan mempromosikan provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi lebih optimal.

Teknologi komputerisasi ditujukan untuk mempermudah pengunjung yang datang ke Anjungan Kalteng. Di mana para pengunjung hanya mengakses melalui panel touch screen atau layar sentuh, tetapi sudah mendapatkan berbagai informasi tentang Kalteng.

“Kalau itu dilakukan, saya optimis keberadaan Anjungan Kalteng di TMII Jakarta bukan sekedar formalitas. Seperti asal ada, tetapi kurang diminati masyarakat dari daerah lain akibat fasilitasnya tidak mengikuti perkembangan jaman,” ucapnya.

ia menyebut, sebenarnya kondisi Anjungan Kalteng sekarang ini tidak terlalu baik dan perlu dilakukan pembenahan. Meski begitu, bersykur bahwa antusias masyarakat dari provinsi lain mengunjungi Anjungan Kalteng masih cukup baik.

Peluang tersebut harus dimanfaatkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng dengan membuat masterplan (rencana induk) yang jelas dalam mengembangkan Anjungan Kalteng.

“Harus ada masterplan yang maksimal, hilir yang jelas, termasuk penataan dan perbaikan secara keseluruhan. Kalau melakukannya secara bertahap, yang seperti apa dan mulai dari mana. Itu harus jelas dan terperinci,” imbuh dia. (Ant/Rmt)