Danum.id, Palangka Raya – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar pelantikan pejabat. Namun hanya lima pejabat yang di lantik pada prosesi yang berlangsung di Aula Eka Hapakat lantai 3 kantor gubernur itu, Jumat (31/5/2018). Pelantikan dilakukan Sektretaris Daerah (Sekda) Kalteng Fakhrizal Fitri.
Selain menggeser pejabat, di penghujung Mei ini Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menunjuk pelaksana tugas (Plt) untuk tiga dinas yang saat ini kosong ditinggal pejabat definitifnya karena purna tugas dan sebab pindah eselon.
Lima pejabat yang diambil sumpah, pertama adalah Mofit Saptono Subagio. Ia didapuk menjadi Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) Kalteng.
Kedua, Agus Siswadi ditunjuk menjadi Kepala Bagian (Kabag) Upacara di Biro Protokol dan Komunikasi Publik (PKP) Setda Kalteng. Ketiga, Lilis Suryani didapuk menjadi Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kalteng.
Keempat, Norliani ditunjuk menjadi Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH).
Kelima, Marwaty yang diangkat menjadi Kabid Perlindungan Perempuan pada Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Kalteng.
“Saya minta pejabat yang dilantik dan dikukuhkan, agar serius mengemban tanggungjawab dan pola atau ritmenya disesuaikan dengan pimpinan yang ada. Begadang bagi kami adalah hal biasa,” pesan Sekda Fahrizal usai mengucap kata-kata plantikan.
Kata Fahrizal, plantikan pejabat eselon II dan III ini adalah hal biasa dan dilakukan untuk kebutuhan organisasi. Selain penyegaran, mutasi adalah untuk mengisi jabatan yang kosong. Untuk itu kepada pejabat yang dilantik, amanah yang diberikan harus disyukuri dan harus dijaga serta diimbangi dengan kejujuran.
Pada kesempatan itu, Sekda juga mengingatkan para pejabat yang dilantik agar menjaga loyalitas dan profesionalitas dalam melaksanakan amanah sebagai aparatur sipil negara.
“Mutasi dan promosi merupakan hal yang wajar dalam suatu organisasi pemerintahan. Itu guna penyegaran dan dalam rangka peningkatan kinerja ASN. Saya meminta kepada pejabat yang baru dilantik segera bekerja. Bangun iklim kerja yang harmonis dengan seluruh jajaran,” ujarnya. (red)
















